Suasana Kenduri di Acara Bersih Desa, Dusun Kedungceleng Gondang

nganjuksatu, 14 Jul 2019,
Share w.App T.Me

NGANJUK - Masyarakat bersama kepala desa beserta perangkat Desa Tawang, Dusun Kedungceleng Kecamatan Gondang mengelar acara bersih, Minggu 14 Juli 2019

Dalam acara tersebut Kepala Desa Tawang Iswanto memberikan sambutan Tradisi bersih Desa merupakan tradisi turun temurun dari zaman leluhurnya yang di adakan setiap setahun sekali.

Adapun kegiatan Bersih Desa yang dilakukan oleh seluruh masyarakat dengan mengadakan selamatan syukuran di tempat-tempat yang di anggap keramat oleh masyarakat setempat.

Serta yang dianggap konon menurut cerita dari nenek moyang. Tempat tersebut adalah tempat Pejuang yang telah babat (buka) Desa Tersebut.

"Masyarakat Desa sangat antusias dan penuh semangat menggelar tradsi Bersih Desa tersebut. Baik itu golongan tua atau muda semua ikut melaksanakan tradisi bersih desa tersebut,"Katanya

Lanjut Iswanto, ia menyatakan untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan kerjasamanya sebagai bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi sikap kegotong royongan, serta memupuk kerukunan antar warga. Sehingga terwujud lingkungan yang aman, nyaman, dan tentram, serta dapat dinikmati bersama,"bebernya kepada wartajatim.co.id dilokasi punden.

Informasi yang digali dilapangan, Warga pun berbondong-bondong keluar dari rumah sambil membawa kenduri menuju ke Punden Mbah Sambi Kendil menggelar Kenduri Encek Bersih Desa.

Secara bergantian, warga meletakkan kenduri ini di pelataran Punden, kemudian duduk melingkari deretan kenduri yang sudah terkumpul. Dengan khidmat mereka memanjatkan puja dan doa untuk Allah SWT.

“Mboten kekirangan sandang, nggih mboten kekirangan pangan (tidak kekurangan busana dan makanan),” begitu tokoh adat, Mbah No membacakan doa dalam bahasa Jawa halus. Tradisi Kenduri ini selalu dilaksanakan oleh masyarakat setempat saat bersih desa. (Nar/Wid/Kla)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu