Mbah Soelawi; Veteran Asal jombang

WARTAJATIM.COM: JOMBANG - Rumah Mbah Soelawi mendadak ramai, Kemarin pasalnya dikunjungi oleh anggota paguyuban TNI AL (Marinir) Jombang. Tujuan Rombongan Marinir itu untuk membersikan Rumah Mbah Soelawi dan menambahi barang barang elektronik. Alhamdulillah sekarang kondisi Rumah sudah bagus dan layak untuk di tempati
 
Soelawi adalah salah satu veteran yang tinggal di Desa Kedungturi, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang. Beliau pernah bertugas dalam Korps Komando Operasi (KKO), yang kini berganti nama menjadi Koprs Marinir Angkatan Laut. Ia merupakan salah satu pejuang yang masuk pada KKO pada tahun 1950. Sebelum menjadi seorang prajurit, ia merupakan pejuang gerilawan yang ikut merebut Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 1942.
 
“Saat masuk KKO nama saya diganti oleh Ir Soekarno karena alasan tertentu. Tak hanya nama, bahkan identitas asli saya yang lahir pada 1875 juga diganti. Sebab pada waktu itu, usia saya terlalu tua untuk masuk sebagai prajurit KKO,” ujar Mbah Soelawi.
 
Dalam perjalanannya menjadi seorang pejuang, ia akhirnya masuk KKO yang saat itu dilantik di Kota Semarang, Jawa Tengah. Saat itu, ia yang memiliki nama asli Raden Sulisetyo Haji Dawut Sulistyo Imam Sentot, lahir di Kota Semarang pada tahun 1939. Peristiwa itu, juga merupakan sejarah baginya, karena saat ia menjadi Korps Komando Operasi, nama aslinya diganti oleh Ir Soekarno. (Yan/linduaji)