Ketua LSM LIRA Diciduk Tim Satgas Saber Pungli di Bondowoso

lurahkusno, 24 Nov 2018,
Share w.App T.Me

BONDOWOSO - Na’as begitu mungkin yang menimpa ketua LSM LIRA yang notabene menyatakan sebagai Bupati LIRA saat melakukan aksinya yang diduga melakukan pemerasan terhadap beberapa kepala desa di kecamatan cerme harus keok karena terciduk Tim Satuan Tugas (Satgas) Saber Pungli Bondowoso, yang terdiri dari Inspektorat, Kejaksaan dan Kepolisian, melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati LSM Lira Bondowoso, Ahroji di Kecamatan Klabang, Jum’at (23/11).

Informasi yang dihimpun awak media, Bupati LIRA tersebut sudah lama menjadi target Satgas Saber Pungli, karena diduga selama ini telah melakukan pemerasan terhadap kepala desa. 

Modus operandi yang dilakukan pelaku mengaku atas nama institusi Kejaksaan dan Kepolisian, sehingga para kepala desa manut terhadap perkataan yang diucapkan oleh Bupati Lira. Bahkan, lebih parah lagi, hasil kejahatannya terhadap kepala desa tersebut, akan diberikan kepada Kejaksaan dan Kepolisian, sehingga para kepala desa di Kecamatan Cerme tersebut rela iuran untuk diserahkan kepada Bupati Lira.

Nampaknya, upaya yang dilakukan oleh Bupati Lira tersebut terendus oleh Satgas Saber Pungli, sehingga dengan mudah Bupati Lira Bondowoso tersebut dibekuk pada saat melakukan transaksi disebuah Rumah makan LARIS di depan kantor Kecamatan Klabang.

Hingga saat ini, Ahroji masih diperiksa oleh penyidik Tipikor Polres Bondowoso. Anggota Tim Saber Pungli, Arif Suryono, membenarkan, jika hari ini telah melakukan OTT terhadap Bupati Lira Bondowoso. Sementara barang bukti yang berhasil diamankan berupa uang tunai yang bernilai puluhan juta rupiah. Saat ini pelaku masih diperiksa secara intensif oleh penyidik Polres Bondowoso.

“Kita masih melakukan pendalaman dari keterangan pelaku, meski pelaku dalam aksinya sendirian saat melakukan transaksi,” Ujar Arif Suryono, yang juga Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Bondowoso kepada awak media.

Lebih lanjut, juga menyatakan OTT terhadap ketua LIRA itu pada sore hari di depot Laris depan kantor Kecamatan klabang, saat OTT Satgas Saber pungli mengamankan hasil dugaan pemerasan puluhan juta rupiah serta satu unit Mobil yang juga di cating dengan LIRA , sayangnya pihak penyidik tipikor belum mau berkomentar seraya mempersilahkan awak media untuk menunggu Press releas yang akan di gelar di Mapolres Bondowoso hari Senin 26/11 lusa.(Muhammad Choirurrojikin /kla) 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu