Halal Bihalal Pertemukan Alumni di Pesantren Ngalah

nganjuksatu, 14 Jun 2019,
Share w.App T.Me

NGANJUK - Ramadhan telah pergi meninggalkan kita ditahun ini. Hari raya ‘idul fitri pun menghampiri.  Berbagai ritual dijalani untuk menyambut hari yang fitri.

Termasuk kebiasaan yang tak pernah ketinggalan pasca lebaran yaitu halal bihalal. Halal Bihalal sejatinya bentuk dari ungkapan saling maaf memaafkan atas kesalahan yang pernah dilakukan oleh kedua pihak. Saling meminta maaf didalam Islam tentu sangat dianjurkan didalam Islam.

Pimpinan Ponpes Ngalah Jatikalen KH Khamim Abror mengatakan halal bihalal adalah budaya, ajang saling bermaaf-maafan. Selain itu, kata Muchlis, juga ajang untuk mencari ridho Allah SWT, serta mempererat tali persaudaraan.

"Lewat halal bihalal, kita juga saling bejabat tangan untuk saling memaafkan," ujar Kiai Khamim Abror, saat memberikan sambutan di depan para alumni,  Jum'at (14/06/2019

Dikatakan, hal yang terpenting dalam halal bilhalal dan silaturahmi tersebut adalah persatuan. Melupakan perbedaan dan fokus mencari persamaan. 

"kunci untuk bersatu dan saling menguatkan Jangan suka hobi mencari perbedaan karena pasti ketemu. Carilah persamaan untuk menguatkan ukuwah," katanya.

Setiap individu, seharusnya  "naik kelas" setelah mampu melewati ujian di bulan Ramadan.

Dalam memantulkan di bulan Syawal sebagai momen pas guna memperbaiki kualitas diri. "Jangan puasa ‘ayakan’,  cuma puasa makan minum, tetapi diri tidak ada perubahan. Cuma ganti casing, cuma pakai baju baru, sudah," ucapnya.

"Kita harus seperti kupu-kupu yang asalnya tidak disukai saat menjadi ulat, namun setelah berubah menjadi kupu-kupu, jadi sesuatu yang disukai," ujarnya.

Kiai Khamim Abror mengajak semua umat untuk produktif dalam kebaikan. Karena, sebaik-baiknya manusia adalah dia yang bermanfaat bagi manusia lainnya. "Dia pun meminta semua umat untuk menjaga perbedaan dengan menjunjung tinggi toleransi" tandasnya Kiai Khamim Abror. (choirurrojikin/kla)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu