Diduga Kurang Sosialisasi, Warga Pinggiran Nganjuk Tidak Tahu Waktu Pencoblosan

INDONESIASATU.CO.ID:

NGANJUK - Pengamat politik di Kabupaten Nganjuk memprediksi angka golput pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk serta Pilgub Jatim mencapai 50 persen lebih.

Menurut salah satu calon pemilih, Hadi warga Rejoso Nganjuk, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tanggal pelaksanaan Pilkada Nganjuk. Termasuk pemilihan Gubenur dan Wakil Gubenur Jawa Timur.

“Saya tidak tahu kapan pelaksaannya Pilkada Nganjuk dan Pilgub Jatim. Saya ini orang desa, kalau ada info dari desa Insya Allah ikut nyoblos,” katanya, Sabtu (23/6/2018).

Hadi menambahkan, ia juga belum mengetahui siapa saja calon yang maju pada Pilkada serentak kali ini. Sehingga ia tidak tahu program yang ditawarkan oleh paslon untuk pembangunan Nganjuk lima tahun kedepan.

“Belum tahu jadwal pemilihannya, dimana lokasi TPS karena tidak tahu sosialisasi dari KPU Nganjuk,” tambahnya. 

Sementara itu, Wahyu Jatmiko ketua LSM Lembaga Kajian Hukum dan Pembaharuan menjelaskan dengan indikasi masih banyaknya warga yang belum mengetahui jadwal pencoblosan maka bisa dikatakan KPU Nganjuk gagal.

“Kita mendesak penegak hukum untuk mengusut pendanaan di KPU Nganjuk kenapa kok bisa ada warga yang tidak tahu Pilkada. Maka bisa dikatakan sosialisasi dari KPU kepada masyarakat gagal,” ujarnya.

Padahal kata Wahyu, KPU Nganjuk sudah disediakan anggaran hampir Rp. 46 milyar untuk mensosialisasikan calon bupati dengan memasang baliho-baliho, iklan di media dan banner.

“Melihat ada warga yang belum tahu Pilkada Nganjuk ini penuh tanda tanya. Kemana dana milyaran rupiah itu,” sesal Wahyu. 

Wahyu menegaskan bila angka golput mencapai 40-50 persen dari daftar pemilih tetap maka ia akan menuntut KPU Nganjuk ke penegak hukum dan membuka semua penggunaan anggaran.

“Pada kenyataannya masih banyak warga Nganjuk terutama masyarakat pinggiran yang belum mengetahui jadwal pencoblosan dan para calon. Ini PR besar buat KPU menjelang Pilkada 27 Juni 2018 nanti,” pungkas Wahyu.(tim)

Index Berita