APN Mengawal Pengembalian Situs Thu'Boto Berupa Dua Lumpang ke Tempat Asal di Wilayah Kertosono

nganjuksatu, 18 Jul 2019,
Share w.App T.Me

NGANJUK - Pengembalian situs Thu'boto berupa dua lumpang di Desa Pandantuyo Kecamatan Kertosono direspons serius Dewan Perwakilan Kabupaten (DPK) Pemerintah Kabupaten Nganjuk Peninggalan bersejarah itu akan dijadikan sebagai wisata purbakala. Kamis 18 Juli 2019.

“Alhamdulillah..Situs Thu'boto dua lumpang ini nanti kami jadikan ini destinasi wisata purbakala yang di bawah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Nanti ada rest area. Sedang dibicarakan dengan (pengelola),” ujar Ketua APN Nganjuk Ki Kusno saat meninjau lokasi Situs di Desa Pandantuyo

Ditambahkan Ketua APN DPK Nganjuk Ki Kusno yakni mengawal pengembalian situs tersebut dengan tujuan ingin melestarikan dan menjaga situs cagar budaya serta berkeinginan menjadikan tempat tujuan tersebut agar menjadi tempat tujuan wisata religi.

“Harapan kami nanti bisa  berkerja sama dengan Pemerintah Nganjuk, Kalau itu benar-benar situs, ya harus dilestarikan. Nantinya Kabupaten Nganjuk siap melestarikan,” papar Ki Kusno

Ketua Laskar Sambernyowo sekaligus pengasuh jagad wirid dan pemerhati budaya Gus Putra meneruskan, terkait pengawalan dan pengembalian situs tersebut agar para pelaku budaya benar-benar bisa ikut serta merta merawat dan menjaga benda-benda termasuk situs bersejarah sesuai undang-undang no 10 tahun 2011 tentang cagar budaya.

"Jagalah sesuatu hal yang terkait dengan sejarah,jangan hanya mengaku saya orang budaya tapi takut dan enggan untuk melakukan sesuatu yang sebenar-benarnya demi melestarikan serta kembali pada patrap sejarah yang ada," katanya

Selain itu, Putut Brian S, pelaku budaya ukir dan juga yang pernah situs tersebut, pihaknya menginginkan selain warga pamong atau aparatur desa merasa ikut peduli karena demi tujuan desa wisata.

“Semoga dengan kembalinya situs thu'boto bisa menjadikan kerukunan dalam penggiat,” katanya.

Situs Thu'boto masih membutuhkan pagar dan atap sebagai pengamanan. Rencananya, APN akan membantu pemasangan pagar di sekitar situs. Meskipun kondisinya masih seadanya. (kla)

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu